Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Meranti Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingginya Semangat Lestarikan Bahasa Dayak Sampit

  • Oleh Naco
  • 18 Agustus 2019 - 13:22 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur, Dadang H Syamsu mengapresiasi semangat dari sejumlah kalangan yang aktif melestarikan budaya lokal.

"Seperti akhir pekan lalu dilakukan launcing buku bahasa Dayak Sampit, kita sangat mengapresiasi itu," kata Dadang, Minggu, 18 Agustus 2019.

Kehadiran buku itu menyadarkan semuanya jika bahasa Dayak Sampit adalah sebuah identitas kebanggan yang unik, kaya nilai, dan sangat sayang jika dibiarkan punah.

Dadang mengatakan jika bahasa Dayak Sampit ini merupakan bahasa yang kaya akan nilai-nilai kesopanan, mengajarkan masyarakat untuk memperhatikan norma kesantunan dalam berkomunikasi di masyarakat.

”Bahasa ini juga cenderung mengajarkan kita untuk memperhatikan kesantunan dalam bicara," ucapnya.

Di sisi lain ia mengaku sedikit sekali dokumen yang tertulis tentang bahasa Dayak Sampit yang mudah diakses.

Isu ini tentunya akan jadi pembahasan di DPRD Kotim untuk mendorong penelitian agar nantinya bisa menjadi dasar membuat kebijakan penerapan di sekolah hingga instansi pemerintahan.

"Perlu gerakan massif untuk berbangga menggunakan bahasa Dayak Sampit. Saya berharap melalui cendikiawan dan pemerintah, bahasa Dayak Sampit bisa menjadi eksis dan jadi identitas kita,” pungkasnya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru