Sekda Kalimantan Tengah Ingatkan Jangan Asal Beli Bajakah

  • Oleh Budi Yulianto
  • 18 Agustus 2019 - 14:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Viralnya akar Bajakah dalam beberapa hari terakhir turut menjadi perhatian serius Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Apalagi bermunculan penjual akar Bajakah secara online plus harganya.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri mengimbau masyarakat untuk tidak asal membeli akar Bajakah.

"Masyarakat, kami harapkan berhati-hati. Jangan karena adanya viral akar Bajakah yang dijual langsung dibeli," pesan Sekda, Sabtu, 17 Agustus 2019.

Sekda menyebut ada ratusan jenis akar Bajakah yang tumbuh di alam Kalteng. Namun dia tidak mengetahui persis semua fungsinya. Tapi selain mengobati penyakit, ada jenis akar Bajakah yang beracun.

Soal temuan siswa SMAN 2 Palangka Raya yang sukses dalam karya ilmiahnya yakni menyembuhkan kanker, Fahrizal menyebut akan dilakukan penelitian lebih jauh.

"Kita harapkan ini bisa dilakukan penelitian. Nah nanti yang dipublish adalah betul-betul akar Bajakah yang memiliki manfaat penyembuhan semisal kanker," ungkapnya.

Di sisi lain sekda menyebut telah menyurati pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA Kalteng untuk mengawasi ancaman eksploitasi alam. Juga akan koordinasi dengan BPOM.

"Pak gubernur juga langsung bertemu pimpinan karantina pertanian di bandara, kemudian Manajer Angkasa Pura. Intinya untuk menjaga jangan sampai akar Bajakah dieksploitasi begitu besar yang tentu akan berdampak pada rusaknya habitatnya," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-6/Adv)

Berita Terbaru