DPRD: Beban Kemajuan Pembangunan Ada Diperencanaan Kepala Desa

  • Oleh Naco
  • 18 Agustus 2019 - 17:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur, Agus Seruyantara mengingatkan kepala desa dalam pembangunan harus fokus dan mengacu pada perencanaan.

Apalagi masa jabatan kades cukup panjang. Jangan sampai keuangan desa yang ada itu tidak membawa kemajuan apapun terhadap desa.

"Saat ini desa sudah diberikan otoritas penuh dalam mengelola dana yang besar tersebut," katanya, Minggu, 18 Agustus 2019.

Lanjut Agus, ketika kewenangan membangun desa telah diberikan oleh pusat dan didukung oleh transfer dana desa, harapan akan pembangunan desa yang berpihak pada rakyat tidak dapat ditawar lagi.

Hal ini tentunya menjadi tantangan sekaligus beban tersendiri bagi kepala desa. Namun setidaknya keuangan desa ini dapat mengatasi beberapa tantangan itu.

Seperti dalan hal percepatan pembangunan di desa sesuai dengan tujuan pemerintah pusat yang menyediakan anggaran cukup besar untuk percepatan pembangunan desa untuk kepentingan masyarakat.

Dengan begitu nantinya akan terlihat seberapa cepat kepala desa bisa melakukan pembangunan.

Manakala pembangunan tetap berjalan lamban, maka akan mempengaruhi pula segala program kerja. Tantangan lain juga memastikan partisipasi masyarakat.

Partisipasi masyarakat sangat diharapkan untuk memastikan implementasi kebijakan strategis desa, terutama dalam hal pembangunan infrastruktur desa dapat tercapai seluruhnya.

“Jangan sampai nanti kami mendengar lagi setiap agenda DPRD melakukan reses dan musrenbang di kecamatan dan desa justru masih banyak yang mengusulkan pembangunan infrastruktur dalam desa yang sudah jadi tanggung jawab desa," pungkasnya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru