Akar Bajakah juga Ada di Kotawaringin Timur

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 18 Agustus 2019 - 21:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Saat ini akar bajakah atau tanaman bajakah menjadi perbincangan dan dicari banyak orang. Setelah diketahui bisa menyembuhkan penyakit kanker. Ternyata akar tersebut juga ada di Kabupaten Kotawaringin Timur. 

Hal itu diungkapkan Bupati Kotim Supian Hadi, Minggu, 18 Agustus 2019.

Ia menuturkan bahwa di Kotim juga ditemukan akar bajakah. Terutama di beberapa kawasan di Jalan Jenderal Sudirman. 

"Dari informasi yang saya dapat akar bajakah ini juga ada di Kotim, terutama di sejumlah hutan-hutan, seperti yang ada di Jalan Jenderal Sudirman. Namun tepatnya tidak bisa saya sebutkan," ujar Bupati kepada wartawan.

Akar bajakah memang sedang dicari banyak orang. Bahkan saat ini harganya cukup mahal dan sudah banyak dijual melalui media sosial maupun sejumlah toko online.

Hal itu terjadi setelah siswa SMAN 2 Palangka Raya berhasil menangi lomba karya ilmiah, terkait penemuan bahwa akar bajakah bisa mengobati penyakit kanker.

Bupati Supian Hadi mengatakan, bajakah kini menjadi bisnis baru bagi sejumlah masyarakat. Asalkan akar bajakah yang dijual benar-benar tidak berbahaya dan merupakan obat penyembuh kanker. 

"Kalau memang akar bajakah yang ada di daerah ini memang bisa menyembuhkan kanker, bisa menjadi keuntungan bagi masyarakat untuk meningkatkan ekonomi mereka," kata dia.

Meski begitu, Bupati mengingatkan masyarakat agar tidak memburu akar bajakah secara besar-besaran. Hal itudemi menghindari ekploitasi berlebih yang dapat memberikan efek negatif pada hutan di Kotim. 

"Yang pasti kalau memang benar akar bajakah tersebut bisa menyembuhkan kanker, berdampak positif bagi masyarakat. Namun, hal itu harus diteliti dan dipastikan akar bajakah yang dijual bukan mengandung racun. Supaya tidak malah memberikan dampak negatif bagi pengonsumsinya," tegas Bupati Supian Hadi. (MUHAMMAD HAMIM/B-3) 

Berita Terbaru