Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mahkota Group Siap Geluti Bisnis Produk Turunan CPO 

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 19 Agustus 2019 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Emiten perkebunan, PT Mahkota Group Tbk (MGRO), memproyeksikan penjualan pada tahun ini mencapai Rp5 triliun atau meningkat lebih dari dua kali lipat dari target tahun lalu.

Adapun target pendapatan perusahaan dengan kode emiten MGRO ini pada tahun lalu mencapai Rp2 triliun. Target tersebut dipatok sejalan dengan rampungnya pabrik baru refinery pada Juni lalu.

"Kontribusi pabrik refinery terhadap penjualan bakal dimulai pada Juli 2019. Pabrik baru ini bakal menghasilkan produk turunan CPO seperti olein atau minyak goreng dan sterin, sebagai bahan baku margarin atau oleochemical," kata Sekretaris Perusahaan Mahkota Group, Elvi, dalam keterangan tertulis di Jakarta akhir pekan lalu. 

Menurut Elvi, perusahaan yang menyasar bisnis CPO sudah cukup banyak, sehingga muncul persaingan yang cukup ketat. 

"Untuk mengantisipasi hal tersebut, perseroan mulai menyasar produk turunan kelapa sawit," papar dia.

Demi memperoleh laba yang lebih tinggi, perseroan harus menciptakan produk dengan nilai tambah. Pada 2018, laba perseroan senilai Rp50 miliar dan target pada tahun ini senilai Rp123 miliar.

Dalam rangka melancarkan produksi minyak goreng pada semester II/2019, perseroan telah menyediakan stok sejak akhir tahun lalu. Perseroan memperlambat penjualan CPO pada akhir tahun lalu. 

Untuk nilai proyek hilirasi tersebut mencapai Rp330 miliar. Dana pembangunan itu berasal dari pinjaman perbankan dan dana initial public offering (IPO). (NEDELYA RAMADHANI/m)
 

Berita Terbaru