Pemilihan Pimpinan Definitif DPRD Jadi Fokus Utama Unsur Ketua Sementara

  • Oleh Testi Priscilla
  • 19 Agustus 2019 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Pemilihan pimpinan DPRD definitif menurut Wakil Ketua Sementara DPRD Kota Palangka Raya, Subandi, merupakan salah satu fokus utama pihaknya nanti adalah memfasilitasi hal tersebut.

"Dengan jumlah anggota DPRD sebanyak 30 orang, maka akan ditunjuk sesuai kewenangan partai pemenang dan peraih suara terbanyak untuk memilih satu ketua DPRD dan dua wakil ketua definitif," kata Subandi kepada Borneonews pada Senin, 19 Agustus 2019.

Ketua DPRD, lanjut Subandi, harus diakuinya tentu berasal dari peraih suara terbanyak yaitu PDI Perjuangan.

"Nah kalau Wakil Ketua I bisa berasal dari Partai Golkar dan Wakil Ketua II dari Partai Demokrat. Itu berdasarkan suara terbanyak dan jumlah kursi ya," jelasnya.

Tentu nanti menurut Politisi Partai Golkar ini, masing-masing partai itu akan mengutus siapa yang berhak sesuai mekanisme.

"Kemudian disampaikan ke pimpinan sementara, dan pada saatnya kami akan mengusulkan pengesahan kepada gubernur, baru setelah itu akan dilakukan pelantikan pimpinan DPRD definitif," tuturnya.

Sebelumnya, Subandi sebagai Politisi dari Partai Golkar memang ditunjuk untuk menduduki jabatan Wakil Ketua Sementara mendampingi Sigit Karyawan Yunianto yang ditunjuk sebagai Ketua DPRD Sementara.

Kedua tokoh ini ditunjuk untuk sementara menjadi pimpinan DPRD Kota Palangka Raya berdasarkan jumlah kursi yang diperoleh oleh partai masing-masing. Partai Golkar dan PDIP sama-sama mendapatkan enam kursi. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru