Besok Pemprov Kalteng Gelar Rapat Bahas Akar Bajakah

  • Oleh Budi Yulianto
  • 19 Agustus 2019 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah bersama pihak terkait berencana menggelar rapat membahas akar bajakah. Rapat diagendakan pada Selasa, 20 Agustus 2019.

"Besok kita akan rapatkan. Saya sudah tandatangani undangan untuk semua stakeholder berkenaan akar bajakah. Termasuk unsur vertikal yang ada di Kalteng kita undang," kata Sekda Kalteng Fahrizal Fitri, Senin, 19 Agustus 2019.

Ia menuturkan, pembahasan lebih spesifik yakni terkait dengan langkah awal pascasiswa SMAN 2 Palangka Raya sukses dalam karya ilmiah mereka, menyembuhkan kanker menggunakan akar bajakah.

"Terus dibahas mengenai uji lebih dalam. Mungkin juga akan dibicarakan mengenai peraturan panen bajakah bagaimana. Termasuk pengawasan terhadap peredarannya," ungkapnya. 

Sekda menambahkan, pengawasan terhadap peredaran bajakah nantinya juga tidak hanya dari sisi jalur darat dan laut, tapi juga udara. 

"Mudah-mudahan, akar Bajakah ini betul-betul bisa menyembuhkan kanker. Kita juga berharap, jangan sampai dieksploitasi besar-besaran karena akan merusak habitatnya," ungkapnya.

Sebelumnya, Sekda mengatakan bahwa telah menyurati Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA Kalteng untuk melakukan pengawasan mengantisipasi ekploitasi bajakah. 

Ia juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dengan maraknya penjualan bajakah. Jangan sampai justru berakibat fatal karena ada ratusan jenis bajakah dan ada di antaranya beracun. (BUDI YULIANTO/B-3/Adv)

Berita Terbaru