Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pramuka Diharapkan Jadi Pioner Anti Kejahatan Luar Biasa

  • Oleh Ramadani
  • 20 Agustus 2019 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra mengajak pengurus kwartir, pelatih, pembina, serta semua anggota pramuka agar menjadi pioneer dalam menanamkan nilai-nilai anti kejahatan luar biasa atau extraordinary crimes.

Sebab, kata Sugianto Panala Putra, banyak permasalahan kekinian yang mengancam keutuhan dan keberlangsungan negara  dan bangsa Indonesia. Seperti merebaknya korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), terpaparnya radikalisme dan terorisme, serta maraknya penyalahgunaan narkoba.

“Tiga kejahatan ini yang menjadi tantangan besar bangsa Indonesia saat ini,” sebut Wakil Bupati saat membuka Kemah Bhakti Hari Pramuka yang ke - 58 di Bumi Perkemahan Panglima Batur, Desa Trahean, Kecamatan Teweh Selatan, Selasa, 20 Agustus 2019.

Globalisasi, tambah Sugianto, selain memunyai aspek positif, tetapi tidak sedikit menimbulkan dampak negatif. Sepintas lalu dengan globalisasi memudahkan pemenuhan berbagai kebutuhan dasar manusia, termasuk kebutuhan pangan.

Di sisi lain, hal ini dapat mengancam keberlangsungan nasib petani, karena murah dan mudahnya bahan pangan dari negara lain masuk ke pasar Indonesia.

Untuk itu, dipandang perlu pramuka mencanangkan gerakan perlindungan bagi petani, dengan lebih banyak mengkonsumsi produk petani lokal.

“Saya meminta setiap anggota pramuka bertekad untuk tidak mengkonsumsi produk pertanian dan pangan impor dalam setiap kegiatan pramuka dan keseharian,” tutur Sugianto. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru