Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota Pramuka Diminta Perangi Sampah Plastik

  • Oleh Ramadani
  • 20 Agustus 2019 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Anggota pramuka diminta memerangi sampah plastik. Hal ini sebagai salah satu wujud nyata kepedulian akan kelestarian lingkungan.

Menurut Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra, salah satu bentuk kepedulian tersebut yakni dengan memanfaatkan produk yang dapat digunakan lagi dan menghindari produksi sampah yang berbahaya bagi lingkungan.

“Karena kerusakan dan pencemaran lingkungan merupakan kelalaiaan kita semua,” sebut Sugianto Panala Putra saat membuka Kemah Bhakti Hari Pramuka yang ke - 58 di Bumi Perkemahan (Buper) Panglima Batur, Desa Trahean, Kecamatan Teweh Selatan, Selasa, 20 Agustus 2019.

Untuk itu, lanjut Wakil Bupati, penting memikirkan warisan yang akan diberikan kepada generasi penerus pada masa mendatang. “Mencintai alam merupakan wujud dari Dasa Dharma Pramuka ke-2 yang berbunyi cinta alam dan kasih sayang sesama manusia,” ucapnya.

Disampaikannya pula bahwa kegagalan umat manusia memelihara kelestarian lingkungan, sama artinya undangan terbuka bagi timbulnya berbagai bencana, seperti banjir, longsor, kebakaran hutan dan lahan.

Oleh karena itu, memberikan respons yang tepat terhadap bencana menjadi kewajiban dan tanggung jawab setiap orang, termasuk anggota pramuka.

Gerakan pramuka tidak boleh berpangku tangan setiap kali terjadi bencana. Tetapi mengambil pran aktif bersama instansi terkait melakukan pertolongan pertama yang diperlukan.

“Aktifkan kembali pramuka peduli yang telah terbentuk, tingkatkan keterampilan anggota agar siap sedia saat diperlukan,” tegas Sugianto.(RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru