Anggota Pramuka Harus Tepati Janji Trisatya

  • Oleh Ramadani
  • 21 Agustus 2019 - 10:52 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Mejelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Barito Utara, Nadalsyah mengingatkan anggota Pramuka harus menepati janji Trisatya yaitu kesetiaan yang harus dimiliki para anggota Pramuka.

Janji Trisatya tersebut yakni menjalankan kewajiban terhadap tuhan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat, serta menepati dasa dharma.

“Gerakan pramuka adalah wadah tunggal, karenanya kita semua bersatu didalamnya dan gerakan pramuka siap membangun keutuhan NKRI,” kata Nadalsyah melalui Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala, Rabu 21 Agustus 2019.

Dasa Dharma Pramuka merupakan sepuluh kebijakan yang harus menjadi pedoman kepribadian atau karakter bagi pramuka dalam bertingkah laku keseharian.

Sepuluh kebijakan tersebut yakni, taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Cinta Alam dan kasih sayang sesama manusia, patriot yang sopan dan kesatria, patuh dan suka bermusyawarah, rela menolong dan tabah, rajin, terampil dan gembira.

Selanjutnya, hemat, cermat dan bersahaja, disiplin, berani dan setia, bertanggung jawab dan dapat dipercaya, serta suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.

Di sampaikan kesamaan cara pandang dan bahasa dalam menyikapi berbagai permasalahan, khususnya hal-hal yang mengancam keutuhan NKRI menjadi bagian penting yang seharusnya selalu diperhatikan.

“Hentikan segala upaya menyerat gerakan pramuka kedalam wilayah politik praktis,” tegasnya. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru