Taman Nasional Sebangau Harus Aman dari Ancaman Ekploitasi Bajakah

  • Oleh Budi Yulianto
  • 21 Agustus 2019 - 11:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri menyinggung soal akar Bajakah ketika memberikan sambutan pada acara peringatan Hari Konservasi Alam Nasional ke 11 di Dermaga Kereng Bengkirai, Palangka Raya, Rabu, 21 Agustus 2019.

Dia menyarankan Taman Nasional Sebangau harus benar-benar dijaga. Termasuk menjaga dari ancaman eksploitasi terhadap tumbuh-tumbuhan alam, salah satunya akar Bajakah yang saat ini sedang viral.

“Kami berharap kawasan konservasi perlu dijaga. Jangan sampai jadi daerah yang tereksploitasi besar-besaran karena akan merusak alam,” pesannya.

Saat ini pihaknya sedang melakukan ovbservasi atas temuan siswa-siswi SMAN 2 Palangka Raya. Rencananya akan dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan potensi dari akar Bajakah.

“Jadi hasil dari anak-anak masih tahap awal. Perlu penelitian lebih jauh,” ungkapnya. Sekda kembali mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati terhadap penjualan yang marak beredar. Sebab, Bajakah memiliki ratusan jenis dengan manfaat yang berbeda.

“Bahkan saya dapat informasi, ada teman mengkonsumsi yang dijual di pasaran bukannya sembuh tapi tekanan darah tinggi,” bebernya.

“Untuk itu bersabar. Kami juga mengharapkan penelitian anak-anak sebagai pintu awal pengembangan lebih lanjut. Kalau nantinya benar menjadi temuan menyembuhkan kanker, maka ini bukti kekayaan kita dan kita harus menjaganya,” tutur sekda. (BUDI YULIANTO/ADV/B-6)

Berita Terbaru