Ini Cara Tersangka Bobol ATM 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 21 Agustus 2019 - 14:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Jajaran Polres Kotawaringin Timur (Kotim) meringkus dua tersangka pembobol mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di enam tempat mesin ATM yang ada di Sampit. 

Cara atau modus yang digunakan kedua tersangka terbilang baru. Karena mereka tidak merusak mesin ATM, melainkan mengganjal agar uang yang ditarik tidak terhitung di rekening mereka. Namun tetap keluar dari mesin tersebut. 

"Mereka membobol ATM dengan cara mengganjal mesin ATM dengan menggunakan besi yang sudah dimodifikasi melalui mulut ATM. Agar uang yang ditarik tetap keluar, meskipun dalam layar tertulis transaksi gagal," ujar Kapolres Kotim AKBP Mohammad Rommel, saat ekspos kasus tersebut, Rabu, 21 Agustus 2019. 

Uang yang diambil di mesin ATM tersebut rata-rata berjumlah Rp 1 juta. Dengan nominal paling banyak mencapai Rp 2,2 juta. Mereka beraksi di sejumlah tempat yang berbeda. Dengan mengambil waktu dini hari. 

"Dari hasil pembobolan di enam tempat mesin ATM tersebut, mereka berhasil mengambil uang Rp 6,2 juta," kata Rommel. 

Sementara, kedua tersangka saling bergantian peran. Karena jika salah seorang beraksi, maka yang satu orang lainnya akan berjaga-jaga di luar mesin ATM, begitu juga sebaliknya. 

"Peran mereka sama saja, namun saling bergantian saat beraksi," terang Rommel. 

Sementara, kasus tersebut terus dikembangkan mereka. Karena 6 tempat kejadian yang mereka dapatkan baru hasil Keterangan pelaku. Sedangkan saat ini masih menunggu laporan sejumlah bank yang bisa saja menjadi korban kejahatan keduanya. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru