Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dompu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pascaturun Hujan, Waspadai Pembiakan Nyamuk DBD

  • Oleh Testi Priscilla
  • 21 Agustus 2019 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Pascaturun hujan deras hampir semalaman hingga dini hari pada Senin-Selasa, 19-20 Agustus 2019, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya Andjar Hari Purnomo, mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai pembiakan nyamuk demam berdarah dengue atau DBD.

"Pascaturun hujan, waspadai pembiakan nyamuk DBD," kata Andjar kepada Borneonews, Rabu, 21 Agustus 2019.

Apalagi hingga hari ini suasana di Kota Cantik masih mendung walaupun belum turun hujan seperti awal pekan tadi. Kelembaban udara ini, menurut Andjar, dapat memicu perkembangbiakan nyamuk DBD.

"Amankan wadah yang berpotensi jadi penampungan air hujan di sekeliling kita, jangan sampai menjadi sarang jentik nyamuk berkembang biak," pesannya.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. Dengan cara menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS. Selain itu,  masyarakat juga harus menerapkan 3M plus. Yakni mulai dari menguras, menutup, dan mengubur barang bekas plus melakukan kegiatan pencegahan berupa penggunaan abate, obat nyamuk, dan kelambu untuk mencegah gigitan nyamuk.

"Intinya adalah menggiatkan gerakan PHBS. Karena dengan berprilaku bersih jentik nyamuk aedes aegepty tidak akan berkembang. Apa lagi di imbangi dengan 3M plus," tutup Andjar. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru