Ini 6 Tempat Mesin ATM Dibobol Maling

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 21 Agustus 2019 - 15:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ada enam tempat mesin anjungan tunai mandiri atau ATM dari tiga bank pelat merah, yang dibobol oleh dua orang maling. Dan rata-rata mengalami kerugian Rp 1 juta hingga Rp 2,2 juta. 

"Ada enam TKP yang dibobol oleh dua orang tersangka tersebut, dan hanya satu yang gagal," ujar Kapolres Kotim AKBP Mohammad Rommel, saat ekspos kasus pembobolan ATM, Rabu, 21 Agustus 2019. 

Mereka pertama kali beraksi di mesin ATM BRI yang berada di Jalan Pemuda, Kelurahan Mentawa Baru Hulu, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, pada tanggal 26 Juli 2019. Namun aksi mereka gagal dilakukan. 

Selanjutnya mereka kembali beraksi pada 14 Agustus 2019 di ATM Bank BTN, yang berada di Jalan Tjilik Riwut, depan Hotel Wella, Kecamatan Baamang. Di tempat tersebut mereka berhasil mengambil uang Rp1,2 juta. 

Setelah itu, kedua tersangka beraksi lagi pada 15 Agustus 2019, di mesin ATM Bank BRI yang berada di Jalan HM Arsyad, depan Citra Poll. Dari tempat tersebut mereka berhasil mengambil uang Rp1 juta. 

Mereka juga beraksi pada, 16 Agustus 2019, di mesin ATM Bank BRI yang berada di Jalan Gatot Subroto, Sampit. Di tempat tersebut keduanya berhasil mengambil uang Rp 1 juta. 

"Tidak hanya itu, pada Minggu 18 Agustus 2019 kemaren, mereka juga beraksi dan berhasil mengambil uang Rp 2,2 juta. Dari mesin ATM Bank Mandiri, Jalan Tjilik Riwut, depan Dwi Jaya Otimotif," kata Rommel. 

Motif yang dilakukan oleh mereka dalam mengambil uang dalam mesin ATM tersebut sama. Dengan cara mengganjal proses mesin ATM menggunakan besi yang sudah di modifikasi. Dan uang yang diambilpun paling sedikit Rp 1 juta, dan paling banyak Rp2,2 juta. 

Saat ini kedua pelaku sudah ditahan di Polres Kotim untuk proses lebih lanjut. Dan polisi juga masih mendalami kasus tersebut, guna mengetahui apakah ada korban lainnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru