Festival Merah Putih di Kobar Wujud Kebhinekaan 

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 21 Agustus 2019 - 16:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat Suyanto menyampaikan, dalam Festival Merah Putih yang digelar di Pangkalan Bun, Rabu, 21 Agustus 2019, merupakan wujud kebhinekaan.

"Merah putih adalah lambang kenegaraan dan terlihat masyarakat dari berbagai golongan turun untuk menjadi satu bagian dari merah putih," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan, dengan latar belakang yang berbeda, maka setiap individu harus bisa menahan diri untuk menjadi bagian dari kebhinekaan.

"Harus bisa menahan ego dan memahami bahwa kita ini adalah bagian dari bhineka tunggal ika, itu yang penting," tegasnya.

Ia menambahkan, hasil pembangunan founding father atau Bapak Bangsa Indonesia sangat luar biasa, dengan menciptakan pancisila dan UUD 1945. Ini menjadi bagian yang penting untuk kemudian direstorasi kembali bagi setiap individu, keluarga, dan kelompok.

Suyanto menyampaikan, dengan adanya Festival Merah Putih diharapkan dapat menambah erat tali persaudaraan antarmasyarakat.

"Maka jangan sampai ketersinggungan, kemarahan itu dikedepankan. Sebab hal itu akan mengakibatkan permasalahan yang berbeda pula," sebutnya. (DANANG/B-3)

Berita Terbaru