BPOM Ingatkan Jangan Sembarangan Konsumsi Bajakah

  • Oleh Budi Yulianto
  • 21 Agustus 2019 - 20:08 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan atau BPOM Palangka Raya Trikoranti Mustikawati mengingatkan masyarakat untuk tidak sembarangan mengonsumsi akar Bajakah.

"Suatu tanaman bisa jadi obat tentunya mengikuti prosedur penelitian terstandar termasuk uji pra klinik dan uji klinik," kata Trikoranti.

Ia menuturkan, penelitian perlu dilakukan untuk membuktikan keamanannya. "Obat bersifat anti kanker pasti beracun karena mampu membunuh sel. Sehingga penggunaannya pun sangat berhati-hati dan harus dalam pengawasan dokter," ungkapnya.

"Jangan sampai melalui pengobatan tradisional, pengobatan medis dihilangkan. Tapi mungkin bisa dikombinasikan dan perlu pemeriksaan rutin oleh dokter," imbuhnya.

Ia juga mengapresiasi hasil karya ilmiah siswa-siswi SMAN 2 Palangka Raya. Menurutnya, itu merupakan suatu prestasi luar biasa karena telah mengangkat Indonesia di mata dunia.

Namun ia berharap harus ada penelitian lebih lanjut sehingga akar Bajakah benar-benar bermanfaat untuk orang banyak. 

Di sisi lain, ia juga menyampaikan bahwa sampai saat ini, BPOM belum mengetahui nama latin dari akar Bajakah yang kabarnya mampu menyembuhkan kanker.

"Banyak spesiesnya. Tentu memiliki kandungan kimia berbeda sehingga manfaatnya pun berbeda. Nah inilah yang perlu diteliti lebih lanjut," pesannya.

Menurutnya, hasil penelitian dari anak SMA merupakan tahap awal untuk dilakukan penelitian lebih lanjut. "Karena itu masih uji pada hewan belum tentu hasilnya sama dengan pengujian pada manusia," tuturnya pada Selasa, 20 Agustus 2019. (BUDI YULIANTO)

Berita Terbaru