Bupati Seruyan Sebut Ada Oknum Sengaja Membakar Lahan

  • Oleh Reno
  • 21 Agustus 2019 - 20:42 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Kebakaran lahan gambut di wilayah Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Kabupaten Seruyan tampaknya bukan tanpa sebab. Bupati Seruyan, Yulhaidir bahkan menyebutkan ada oknum yang tidak bertanggungjawab sengaja menimbulkan kebakaran lahan.

"Setelah saya amati bersama dengan TNI dan Polri, kebakaran lahan ini bukan berasal dari lahan atau ladang petani. Karena di daerah ini tidak ada warga atau petani yang membuka lahan. Ini lahan kosong, hutan gambut," kata Yulhaidir saat mengecek lokasi kebakaran lahan di Seruyan Hilir Timur, Rabu, 21 Agustus 2019.

Dia menilai terbakarnya lahan gambut itu tangan oknum yang tidak bertanggungjawab. Aksi itu disesalkan karena membuat repot banyak orang.

"Kalau petani yang buka lahan saya paham betul caranya. Pasti mereka punya sekat dan ada bekasnya. Ini yang terbakar lahan gambut yang memang tidak pernah diolah (jadi lahan)," jelasnya.

Bupati Seruyan pun meminta aparat berwenang untuk mengusut pelaku pembakar lahan ini. Karena tindakan tersebut sudah masuk ranah pidana.

"Kebakaran lahan ini tidak mungkin terjadi tanpa campur tangan manusia. Itu sangat tidak mungkin sekali. Ini karena olah oknum yang sengaja membuat kita repot, membuat kita geram atas kebakaran ini," sebutnya.

Dia juga menmabhkan, kebakaran lahan ini akan berdampak luas bukan hanya bagi kalangan pemerintah, pihak swasta saja. Namun banyak dampak negatif lainnya yang timbul.

"Dapat mengganggu kesehatan, mengganggu aktivitas kita ketika terjadinya bencana kabut asap," imbuhnya. (RENO/B-11)

Berita Terbaru