Bupati Minta Masyarakat Dukung Lingkungan Bebas Kabut Asap

  • Oleh Reno
  • 21 Agustus 2019 - 20:52 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Lingkungan tanpa asap di wilayah Kabupaten Seruyan dapat terwujud ketika ada kerjasama dan sinergitas yang baik dari semua pihak, termasuk masyarakat.

Untuk itu, Bupati Seruyan, Yulhaidir meminta masyarakat mendukung daerah ini menjadi kawasan tanpa kabut asap. Salah satunya dengan tidak membakar hutan dan lahan untuk kepentingan tertentu. 

Yulhaidir juga mengajak agar masyarakat agar kooperatif terhadap apa yang diajurkan oleh pemerintah, dengan tidak membakar hutan dan lahan.

"Kalau bukan kita siapa lagi yang peduli dengan hutan dan lahan kita. Termasuk peduli terhadap lingkungan sehat tanpa asap. Karena asap ini dapat mengganggu pernafasan dan bisa menyebabkan orang meninggal dunia seperti pada kasus bencana asap tahun 2015 lalu," kata Yulhaidir, Rabu, 21 Agustus 2019..

Masyarakat harus mendukung secara penuh program pemerintah untuk meminimalisasi terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan, khususnya pada musim kemarau tahun ini.

"Saya meminta kepada masyarakat supaya sama-sama mendukung terciptanya Kabupaten Seruyan ini menjadi daerah yang bebas asap dan kebakaran lahan. Karena sampai hari ini laporan yang saya terima khususnya di Kalteng, Seruyan masih terdeteksi ada kebakaran lahan. Ini menjadi perhatian kita bersama," jelas Yulhaidir.

Kabupaten Seruyan terus dipantau karena memiliki lahan yang cukup luas terbakar, terutama di wilayah Kecamatan Seruyan Hilir Timur yang sangat mendominasi. (RENO/B-11)

Berita Terbaru