Pawai Gambarkan Pembangunan di Sukamara

  • Oleh Norhasanah
  • 22 Agustus 2019 - 13:06 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Bupati Sukamara Windu Subagio mengatakan, pawai pembangunan merupakan gambaran dari pembangunan yang telah dilaksanakan pemerintah kabupaten.

"Pawai pembangunan ini mengambarkan salah satu bentuk visualisasi dari hasil-hasil pembangunan berbagai bidang yang dilaksanan oleh pemerintah daerah beserta seluruh masyarakat," ucap Windu Subagio, Kamis, 22 Agustus 2019.

Momen pawai juga dapat dimaknai dengan wujud dari kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat dalam merayakan pembangunan yang telah berhasil direalisasikan.

"Pemerintah dan masyarakat harus bahu-membahu, bertekad dalam satu tujuan, yaitu mewujudkan masyarakat Sukamara yang mandiri, maju dan sejahtera," tutur Windu.

Pawai diikuti peserta mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, dan umum. banyak peserta menampilkan seragam pejuang, pakaian adat dari berbagai daerah, serta pakaian daur ulang dari plastik, koran dan lainnya. 

Selain itu, tradisi beayun dan mandi bunting juga banyak ditampilkan. Tradisi ini memang masih kental dan banyak dilakukan oleh masyarakat Bumi Gawi Barinjam saat usia kehamilan memasuki bulan ke-7.

Selain itu, ikan kelabau yang juga digadang-gadang pemerintah sebagai ikon daerah juga ditampilkan oleh SDN 2 Mendawai dan beberapa sekolah lainnya. (NORHASANAH/B-3)

Berita Terbaru