Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mandailing Natal Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DLH Sukamara Usung Tema Setop Bakar Lahan pada Pawai Pembangunan

  • Oleh Norhasanah
  • 22 Agustus 2019 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukamara mengusung tema Setop Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada pawai pembangunan. Tema ini sesuai dengan kondisi saat sekarang yang rawan terjadi kebakaran.

"Dengan semangat Hari Jadi Kabupaten Sukamara ke 17 dan HUT ke 74 Republik Indonesia, DLH mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama, bahu-membahu mecrgah terjadinua karhutla ditengah cuaca yang terik ini," kata Kepala DLH Sukamara, Rendy Lesmana, Kamis, 22 Agustus 2019.

Dalam momen tersebut, Rendy mengingatkan masyarakat untuk dapat berperan aktif dalam upaya pencegahan bencana karhutla tersebut, dengan melaporkan apabila adanya oknum yang dengan sengaja melakukan aktivitas pembakaran.

"Apabila ada warga atau masyarakat yang dengan sengaja membakar hutan dan lahan, laporkan untuk diproses sesuai dengan hukum yang berlaku," pintanya.

Rendy menerangkan, asap pembakaran hutan dan lahan selain merusak ekosistem juga memusnahkan tanaman lokal yang dimiki.

"Asap kebakaran yang ditmbulkan ini 1000 kali lebih berbahaya dari pada asap rokok, karena dapat menyebabkan iritasi mata, ispa, gangguang asma dan paru-paru, menggangu aktivitas dan transformasi," ujarnya.

Untuk meramikan pesertanya, DLH membawa peserta dari para petugas bersih-bersih yang ada di Kabupaten Sukamara. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru