Dinas Kesehatan Barito Utara Sosialisasikan Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif

  • Oleh Ramadani
  • 22 Agustus 2019 - 15:46 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara menyosialisasikan program Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif (GP2SP). Kegiatan dilaksanakan di aula Dinas Kesehatan, Kamis, 22 Agustus 2019.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara Siswandoyo mengatakan, sosialisasi diikuti  peserta dari lintas sektor dan lintas program serta dari perusahaan perkebunan sawit.

Sosialiasi digelar dengan tujuan meningkatkan status kesehatan dan gizi bagi pekerja perempuan dalam mencapai produktivitas kerja maksimal. Karena, keselamatan pekerja perempuan yang paling utama. 

“Mereka harus betul-betul siap jika hamil menjaga kesehatan anak dalam kandungan,” kata Siswandoyo.

Dengan adanya sosialisasi ini, pelaksanaan GP2SP tidak akan memiliki daya ungkit dan bermanfaat bila tidak dilakukan bersama oleh berbagai sektor terkait.

Untuk itu, dengan partisipasi pemerintah, swasta, dan dukungan dari berbagai pihak terkait, GP2SP dilaksanakan secara terpadu, bertahap, dan berkesinambungan. Supaya memiliki daya ungkit demi perbaikan kesehatan pekerja perempuan di Indonesia umumnya, dan di Kabupaten Barito Utara khususnya.

“Untuk itu kiranya dengan adanya sosialisasi ini ada strategi luaran yang akan dihasilkan yaitu terbentuknya gerakkan pekerja perempuan sehat produktif dan penguatan gerakan pekerja perempuan sehat produktif melalui beberapa kegiatan. Di antaranya pembinaan ke perusahaan, peningkatan kesejahteraan reproduksi di tempat kerja melalui pemberian penghargaan Mitra Bhakti Husada (MBH) bagi perusahaan yang menerapkan kesehatan reproduksi,” sebut Siswandoyo. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru