Jumlah Pendaftar Calon Kepala Desa di Barito Selatan Capai 228 Orang 

  • Oleh Uriutu
  • 22 Agustus 2019 - 15:52 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Sebanyak 228 calon kepala desa dari 62 desa di Kabupaten Barito Selatan sudah mendaftar untuk mengikuti pemilihan kepala desa atau pilkades serentak pada Oktober 2019.

Kabid Adminitrasi dan Kelembagaan Desa Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa atau DSPMD Barito Selatan, Samsul Bahri, mengatakan bahwa saat ini masa pilkades serentak memasuki tahap kedua yakni pendaftaran bakal calon.

“Berdasarkan data yang kita terima, hingga hari ini sudah ada 228 bakal calon kades sudah mendaftar dan siap memperebutkan kursi kades di desa meraka masing-masing,” kata Samsul Bahri kepada Borneonews, Kamis, 22 Agustus 2019.

Ia membeberkan, berdasarkan aturan, setiap desa maksimal memiliki lima calon kades. Namun, ada lima desa yang pendaftarnya lebih dari lima orang.

Desa itu yakni Marawan Lama di Kecamatan Dusun Utara, sebanyak 7 calon kades.

Kemudian, 4 desa di Kecamatan Dusun Selatan yakni Kalahien 7 calon, Baru 6 calon, Tanjung Jawa 8 calon, dan Penda Asam 7 calon.

“Karena lebih dari maksimal calon kades maka akan dilakukan tes meliputi wawancara dan tertulis,” ujar Samsul.

Ia menuturkan, jumlah pendaftar calon kades kemungkinan besar bisa bertambah. Karena masih ada waktu untuk melakukan pendaftaran. (URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru