Kementerian Kominfo: Kapuas Termasuk 60 Kabupaten Prioritas Prevalensi Stunting

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 22 Agustus 2019 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas -  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Direktorat Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia melaksanakan kampanye penurunan prevalensi stunting di Kabupaten Kapuas pada Kamis, 22 Agustus 2019.

Kabupaten Kapuas terpilih menjadi tempat dilaksanakannya sosialisasi tersebut dikarenakan merupakan satu dari 60 kabupaten/kota prioritas stunting di tahun 2019, sehingga menjadi perhatian pihaknya. 

Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Wiryanta mengatakan Kapuas terpilih karena enurut data Riset Kesehatan Dasar atau Riskesdas tahun 2013, tingkat prevalensi stunting di Kapuas mencapai 45,16 persen. 

"Sehingga perlunya angka itu ditekan, bahkan ditargetkan dapat dituntaskan. Untuk itu kami gencar melakukan sosialisasi dan edukasi warga terkait stunting, terutama di 60 daerah prioritas stunting," ucap Wiryanta kepada wartawan, Kamis, 22 Agustus 2019.

Lebih lanjut, dia menyebutkan bahwa terdapat sepuluh desa prioritas Stunting di Kabupatan Kapuas ini yakni Palingkau Jaya, Sei Tatas Hilir, Palingkau Asri, Lamunti, Naning, Saka Binjai, Sei Tatas, Kaladan Jaya, Palangkai, dan Terusan Raya Hulu. 

"Untuk itu kami harapkan semua pihak dapat bersama-sama menekan angka stunting ini di Kapuas," katanya.

Sementara itu, Asisten I Setda Kapuas Ilham Anwar menyambut baik diadakannya sosialisasi generasi sehat dan bersih atau Genbest, dalam rangka mendukung penurunan prevalensi stunting.

"Kami pemerintah daerah juga fokus terkait stunting ini, terutama dalam menekan angka tersebut di Kapuas ini. Jadi kami berterima kasih kepada Kementerian Kominfo hari ini sudah mensosialisasikan ke generasi muda," tutur Ilham. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru