TNI Usulkan Pembentukan Kelompok Usaha Daur Ulang Kota Palangka Raya

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 22 Agustus 2019 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Cukup prihatin dengan kondisi sampah, Kolonel Infantri Muhidin dari Mabes TNI menekankan pentingnya kelompok usaha daur ulang sampah ke pemerintah Kota Palangka Raya.

“Kami melihat di Kota Palangka Raya ini masih belum ada kelompok usaha untuk mendaur ulang sampah,” kata Muhidin saat di Aula Makodim 1016/PLK, Kamis, 22 Agustus 2019.

Saat ini di Kota Palangka Raya baru ada kerajinan dengan mengolahan limbah sampah yang cakupannya masih kecil. Sehingga masih perlu dibuat sentra pengolahan sampah.

“Kelompok usaha ini jangan sampai hanya berjalan insidentil tetapi harus benar benar continue,” terangnya.

Untuk mengurangi dampak negatif dari limbah sampah ia juga mengajak pemerintah daerah dan seluruh masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik.

Walaupun memang diakuinya penggunaan plastik lebih murah dan lebih praktis. Namun hal itu akan berimbas pada dampak puluhan tahun kedepannya.

“Mulai saat ini kita harus punya komitmen mengurangi sampah plastik. Misal untuk minum gunakan galon besar, Jangan gunakan minuman gelas. Plastik memang lebih simple dan juga murah,” tutupnya. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru