Kadis Kesehatan Sarankan Segera Lakukan Penelitian Akar Bajakah

  • Oleh Budi Yulianto
  • 23 Agustus 2019 - 00:22 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Suyuti Syamsul menyarankan untuk segera meneliti kandungan pada akar bajakah. Selain untuk memastikan khasiatnya, setidaknya juga menghindari diteliti orang asing.

"Riset semestinya dilakukan karena ini bertaruh dengan waktu. Sebab, kalau tidak cepat dilakukan, nanti malah orang asing yang merisetnya. Kita kan tidak tahu orang yang masuk ke hutan-hutan kita," kata Suyuti Syamsul, Kamis, 22 Agustus 2019.

Menurutnya, melakukan riset dengan segala keterbatasan yang ada akan membutuhkan waktu lama. Namun paling tidak riset awal, yakni mengetahui isi kandungan bajakah atau belum sampai pada tahapan kasiatnya.

Suyuti mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dan jangan asal konsumsi akar bajakah. Jika saat ini yang sedang viral diduga memiliki senyawa yang mampu mengobati kanker,

Namun, di sisi lain akar bajakah juga memiliki senyawa saponin atau yang biasa digunakan untuk menuba ikan. 

Suyuti sampai sekarang belum tahu bentuk akar bajakah yang disebutkan bisa mengobati kanker. Oleh sebab itu, ia mengharapkan penemunya segera menginformasikan sehingga bisa dilakukan penelitian. (BUDI YULIANTO/B-11)

Berita Terbaru