Ketua DPRD Murung Raya Sebut Kalteng Paling Layak Jadi Ibu Kota Negara

  • Oleh Syahriansyah
  • 23 Agustus 2019 - 13:46 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Ketua DPRD Kabupaten Murung Raya Gad F Silam mendukung ibu kota negara dipindah ke Provinsi Kalimantan Tengah.

Ia menilai, Kalteng lebih layak menyandang status sebagai pusat pemerintahaan negara ketimbang provinsi lain di Indonesia.

Pasalnya, Provinsi Kalteng tepat berada di tengah Kalimantan serta minim terjadi bencana alam seperti gempa dan tsunami.

"Sekarang kita sudah tahu bahwa di Kalimantan sendiri yang paling gencar disebutkan di media bahwa Kalteng dan Kaltim merupakan kandidat terkuat menjadi ibu kota dibanding 5 provinsi lainnya."

"Namun bagi saya hanya Kalteng yang sangat layak menjadi ibu kota negara berkaca dari keamanan dari dampak kerawanan bencana alam," ujar Gad F Silam yang juga merupakan tokoh Dayak Siang, Jumat, 23 Agustus 2019.

Saat disinggung terkait dengan kerawanan karhutla, ia menyebut bahwa dengan berpindahnya ibu kota ke Kalteng bisa menjadi alternatif paling tepat dalam menanggulangi karhutla secara maksimal. 

Selain itu, yang perlu diperhatikan oleh semua pihak yakni Kalteng memiliki kenangan sejarah yang melekat pada penentuan ibu kota negara di era Presiden Soekarno. 

"Sejarah yang paling penting kita ingat, Kalteng memiliki kenangan sejarah jadi tidak ada saya anggap yang paling tepat selain Kalteng yang menjadi ibu kota," tutupnya. (RIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru