Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yahukimo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Upaya Samsat Barito Selatan Ajak Masyarakat Bayar Pajak 

  • Oleh Uriutu
  • 23 Agustus 2019 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Samsat Barito Selatan melakukan sistem jemput bola untuk meningkatkan pelayanan serta mengajak masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor.

“Kita melakukan sistem jemput bola untuk melayani masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor. Terutama di wilayah perdesaan dengan pelayanan Samsat Keliling,” kata Kasi Penagihan Pembukuan dan Pelaporan Ferrary H Djala mewakili Kepala UPT PPD Trisnawati kepada Borneonews, Jumat, 23 Agustus 2019.

Ia membeberkan, pihaknya baru saja melaksanakan pelayanan Samsat keliling di perdesaan seperti di Desa Palu Rejo, Desa Patas, Desa Baru, dan Desa Tabak Kanilan.  

Bahkan, lanjut dia, setiap Jumat dan Sabtu, pihaknya mengadakan pelayanan Samsat keliling di seputar Plaza Beringin Buntok.

Ia melanjutkan, sistem jemput bola dengan Samsat keliling ini akan dilakukan sekali per bulan. 

Mengingat, biaya transportasi menuju kantor Samsat lebih mahal bila dibandingkan dengan nominal pajak yang dibayarkan.

“Hal ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat membayar pajak serta meningkatkan pelayanan kita,” ucap dia. 

Ia turut pula menyampaikan Peraturan Gubernur Nomor 16/2019 tentang Pembebasan Sanksi Denda. Pergub ini salah satu upaya untuk mengajak masyarakat membayar pajak.

Dalam Pergub, lanjut dia, pemerintah membebaskan denda pajak 100 persen bagi masyarakat. Contohnya pajak mati 5 tahun, pada saat membayar pajak, denda tersebut tidak dibayarkan.

“Hal ini akan kita sosialisasikan kepada masyarakat dan juga telah kita sampaikan ke Bupati, Sekda, dan para camat,” ucap dia.

Pada tahun ini, realisasi pencapaian Pajak Kendaraan Bermotor atau PKB sebesar 78 persen. Jika dihitung per triwulan, persentase itu hampir melampaui. Sebab, targer realisasi di akhir September hanya 80 persen. Artinya hanya sisa 2% lagi sudah mencapai target. (URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru