Ini Pesan Komandan Apel Gabungan Satgas Siaga Karhutla

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 23 Agustus 2019 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Apel gelar pasukan dan peralatan posko siaga darurat bencana Karhutla dikomandoi Pasi Ops Kodim 1011/KLK Kapten Inf Jufri Warsianta dilaksanakan di halaman BPBD Kapuas pada Jumat, 23 Agustus 2019.

Kapten Inf Jufri berpesan kepada personel agar tiap-tiap Koramil, Polsek, Pos Patroli, Pos Lapangan dan Posko Kecamatan dapar selalu berkoordinasi dengan Posko Induk, sehingga dapat sedini mungkin jika ada terjadinya karhutla bisa ditanggulangi.

"Satgas yang ditugaskan di pos masing-masing agar selalu memantau wilayah yang rawan karhutla, agar diketahui lebih awal dan ditangani," ucap Kapten Inf Jufri kepada wartawan seusai apel.

Lebih lanjut, dia meminta kepada seluruh personel dapat meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya karhutla dan segera melakukan pemadaman dini apabila terjadi karhutla di wilayah Kabupaten Kapuas. 

"Untuk meminimalisir meluasnya penyebaran terjadi karhutla di Kabupaten Kapuas, sehingga itu dapat mencegah munculnya bencana kabut asap," tuturnya.

Sementara itu, Kagag Ops Polres Kapuas AKP Iqbal Sengaji mengatakan pihaknya juga terus mendukung dalam hal langkah-langkah penanggulangan dan penanganan karhutla di Kabupaten Kapuas.

"Kami untuk Polri sendiri lebih fokus kepada penegakkan hukum terkait karhutla ini, tetapi juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat," singkat Iqbal.

Adapun apel gabungan tersebut diikuti oleh seluruh personel posko gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD Kapuas, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Satpol PP dan Damkar, Manggala Agni Daops 2, KPHL, KPHF Damkar Mandiri Kapuas, Balakar 545 Kapuas, Emergency 508 Kapuas, Orari Lokal, RAPI Kapuas dan PMI Kapuas dan lainnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru