Menko Polhukam Sebut Karhutla di Palangka Raya Sengaja Dibakar 

  • Oleh Budi Yulianto
  • 23 Agustus 2019 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan atau Menko Polhukam Wiranto menyebut, kebakaran hutan dan lahan di Kota Palangka Raya akibat sengaja dibakar oleh seseorang. 

Ini ia sampaikan kepada awak media pascamengecek kondisi lahan yang terbakar di kawasan Jalan Soekarno, Jumat, 23 Agustus 2019. Dalam perjalananya, Wiranto bersama rombongan juga melihat titik-titik yang terbakar. 

"Ladangnya tidak terlalu lebat, tidak kering tapi ternyata terbakar, terbakar, terbakar. Apa artinya? Bukan karena alam, dibakar manusia," kata Wiranto.

Pejabat pusat yang ikut dalam pengecekan itu salah satunya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. Juga ada Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dan lain-lain. 

Tidak hanya pejabat pusat, pejabat dari pemerintah Provinsi Kalteng dan Kota Palangka Raya juga ikut dalam pengecekan. Termasuk Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dan Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin.

Dalam keterangannya, Wiranto menegaskan tangkap para pelaku pembakar hutan dan lahan dan proses sesuai hukum yang berlaku. (BUDI YULIANTO/B-5/Adv)

Berita Terbaru