Menko Polhukam Tegaskan Tangkap Pembakar Lahan 

  • Oleh Budi Yulianto
  • 23 Agustus 2019 - 19:22 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan atau Menko Polhukam, Wiranto menegaskan untuk mencari dan menangkap pelaku pembakaran hutan dan lahan di Kalimantan Tengah.

Penegasan tersebut disampaikan ketika mengecek kondisi lahan yang terbakar di kawasan Jalan Soekarno, Palangka Raya, Jumat, 23 Agustus 2019. 

"Kalau para petani berladang berpindah sudah sadar (tidak melakukan pembakaran), berarti yang membakar bukan petani," tegas Witanto.

"Kita cari, kita tangkap, kita hukum karena itu jelas penjahat," tegasnya lagi. 

Ia menuturkan, melakukan pembakaran merupakan tindakan kejahatan karena membuat suasana menjadi tidak tentram. Oleh sebab itu, ia kembali menginstruksikan untuk menangkap pelaku pembakaran.

Hal ini ia sampaikan karena diduga kuat kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla yang terjadi di Kalteng akibat sengaja dibakar oleh seseorang. 

Dalam pengecekan itu, Wiranto bersama Kapolri, Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan lainnya.

Ikut mendampingi adalah Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, Danrem 102/Panju Panjung Kolonel Arm Saiful Rizal, Kapolda Kalteng Irjen Ilham Salahudin dan lain-lain. (BUDI YULIANTO/B-2/Adv)

Berita Terbaru