Anggota DPRD Dukung BUMD Bergerak pada Jual Beli TBS Petani Lokal

  • Oleh Naco
  • 23 Agustus 2019 - 20:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur, Syahbana mendukung penuh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bergerak di jual beli tandan buah segar (TBS) milik petani lokal. 

Dengan begitu maka akan ada perbaikan harga di tingkat petani dan hasil dari petani akan tertampung. Selama ini keluhan petani menjual hasil kelapa sawit itu kepada perusahaan selalu dengan harga yang tidak stabil.

Ia menegaskan, pembentukan BUMD ini harus diseriusi pemerintah daerah. Cara itu satu-satunya upaya cepat pemerintah hadir di tengah persoalan petani kelapa sawit. 

" Tidak mungkin pemerintah daerah melakukan intervensi harga kepada pabrik. Solusinya BUMD ini," ucap Syahbana, Jumat, 23 Agustus 2019.

Syahbana menyebutkan, pemerintah punya kewenangan untuk menetapkan harga jual TBS. Tetapi kebanyakan ketentuan itu tidak diikuti oleh pengusaha. 

"Selalu ada saja ada alasan mereka dari kekurangan buah yang ingin dijual warga tersebut, "kata politisi Partai Nasdem itu.

Kemudian, lanjut dia, apabila memang ingin maju maka BUMD itu dikelola oleh kalangan profesional. Sehigga bisa jadi andalan pemerintah daerah untuk menambah pendapatan asli daerah. 

"Salah satu semangat dibentuknya BUMD itu jadi pencari uang untuk PAD Kotim, bukan justru sebaliknya hanya sekedar berharap penyertaan modal saja tetapi tidak bisa menambah pendapatan kepada daerah, kalau begitu namanya BUMD jadi beban daerah. Mending tidak usah jika demikian,“ pungkas dia. (NACO/B-2)

Berita Terbaru