BPBD Kapuas Padamkan Kebakaran Lahan di Desa Pulau Telo

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 24 Agustus 2019 - 14:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Personel BPBD Kapuas kembali berjibaku memadamkan kebakaran lahan. Kali ini terjadi di dekat Jalan Trans Kalimantan, tepatnya di Desa Pulau Telo, Kecamatan Selat.

Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga mengatakan, pihaknya bersama dengan relawan setempat telah memadamkan kebakaran hutan dan lahan di titik koordinat 2°59'7.668"S 114°23'16.548"E.

"Iya, mulai terbakarnya lahan itu kemarin, masuk di wilayah Desa Pulau Telo. Tapi api saat ini sudah berhadil dipadamkan total oleh tim BPBD dan relawan," kata Panahatn Sinaga, Sabtu, 24 Agustus 2019.

"Untuk luasan area yang terbakar diperkirakan mencapai 0,5 Hektare," lanjut Panahatan.

Dia menyebutkan dalam upaya pemadaman, pihaknya menggunakan peralatan berupa satu unit kendaraan roda tiga, dua unit kendaraan roda dua, dan satu unit mesin pemadam potrable beserta kelengkapanya.

"Kami akan terus siap siaga terkait karhutla ini. Terlebih kemarin juga sudah diaktifkan posko satgas gabungan siaga karhutla, agar mudah lagi dalam berkoordinasi," katanya.

Selain itu, dia berharap kerjasama semua pihak untuk dapat bersama-sama mewaspadai terjadinya karhutla.

"Penting untuk mengantisipasi sedini mungkin, sehingga bisa ditanggulangi dan tidak meluas jika terjadi kebakaran," tuturnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru