Pagi Ini Kasongan Diguyur Hujan Deras

  • Oleh Abdul Gofur
  • 25 Agustus 2019 - 08:36 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Hujan lebat mengguyur Kota Kasongan Kabupaten Katingan, Minggu, 25 Agustus 2019 pagi ini.

Hujan rintik sudah mulai mengguyur Kasongan dan sekitarnya sejak dinihari tadi, dan sekitar pukul 06.00 WIB hujan lebat mulai terjadi. 

Hingga berita ini diterbitkan, Minggu, 25 Agustus 2019 pukul 08.35 WIB, hujan deras masih mengguyur Kasongan.

Warga Kasongan mengaku gembira dengan hujan pagi ini. Pasalnya, selain menyingkirkan asap dari pembakaran lahan, hujan juga menghilangkan debu yang beterbangan, terutama di jalan yang belum teraspal. Hujan juga dapat membantu proses pemadaman kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Katingan.

"Syukur Alhamdulillah hujan yang cukup lebat kembali mengguyur wilayah Kabupaten Katingan," ungkap Yayan, warga Kasongan.  

Hujan juga mengguyur Kasongan dan sekitarnya pada 19 dan 20 Agustus 2019 kemarin. Namun setelah itu cuaca kembali panas menyebabkan sejumlah lahan kembali terbakar.

Dodi, warga Kasongan lainnya berharap dalam beberapa hari kedepan hujan terus mengguyur Kasongan. Dengan begitu, udara di Bumi Penyang Hinje Simpei ini sehat.

"Saya rasa kemarau sudah cukup, sudah sebulan setengah tidak ada hujan, dan sekarang wakunya hujan," harapnya.

Sebelumnya, Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Akhmad Rubama memprediksi bahwa musim kemarau tahun ini bakal berlangsung hingga bulan Nopember 2019 mendatang. Akan tetapi di sela kemarau kadangkala terjadi hujan. (ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru