Bajakah Mendadak Viral, Masyarakat Harus Bijak Menyikapi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 Agustus 2019 - 09:54 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Bajakah mendadak viral lantaran penelitian siswa SMAN 2 Palangka Raya yang menyatakan bahwa bajakah mampu menyembuhkan penyakit kanker. Viralnya pemberitaan ini membuat tanaman merambat itu diburu warga, baik dari dalam maupun luar Kalimantan Tengah.

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Riduanto meminta masyarakat dapat bijak menyikapi pemberitaan ini. Jangan sampai penelitian yang masih baru dalam tahapan awal ini membuat banyak oknum mengambil keuntungan dari hasil penelitian tersebut dengan menjual bajakah.

"Fenomena ini membuat saya pribadi merasa khawatir. Sebab, benar masyarakat Dayak mempercayai bahwa bajakah dapat menyembuhkan kanker tetapi tidak semua bajakah memiliki khasiat tersebut," kata Riduanto kepada Borneonews pada Minggu, 25 Agustus 2019.

Politisi yang berdarah Dayak Maanyan ini mengatakan, di antara bajakah, ada juga jenis yang beracun. "Beracun dalam artian tetap dimanfaatkan juga oleh masyarakat Dayak, salah satunya dimanfaatkan untuk tuba yang dapat membuat ikan menjadi pingsan," jelasnya.

Karena itu, Politisi PDI Perjuangan ini meminta masyarakat untuk dapat bijak dengan tidak mengeksploitasi bajakah terlalu berlebihan. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru