Pemkab Barito Selatan Harapkan KKN IAIN Berkelanjutan

  • Oleh Uriutu
  • 25 Agustus 2019 - 10:02 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Pemkab Barito Selatan mengharapkan Kuliah Kerja Nyata yang dilaksanakan Institut Agama Islam Negeri atau IAIN Palangka Raya dilaksanakan secara berkelanjutan.

Demikian disampaikan Pj Sekda Barsel, Syahrani kepada Borneonews usai penutupan dan pelepasan mahasiswa IAIN Palangka Raya yang KKN di Barsel. 

Ia menilai, KKN yang dilakukan mahasiswa IAIN ini berjalan baik serta  bermanfaat bagi perkembangan dan kemajuan sistem tata keuangan dan pemerintahan desa. 

Ilmu yang mereka dapatkan di kampus, lanjut dia,  bisa ditransfer langsung kepada desa, terutama untuk perbaikan dalam bidang tata kelola pemerintahan dan tata kelola keuangan desa yang masih sangat lemah.

Menurutnya, KKN yang dilaksanakan oleh empat kampus IAIN dari empat Provinsi ini, merupakan keuntungan besar bagi Barsel.

Sebab, lanjut dia, dengan pertukaran informasi melalui komunikasi dan masukan-masukan dari para mahasiswa, bisa dijadikan alat untuk mengangkat peluang dan potensi desa melalui produk unggulan agar bisa menjadi desa yang mandiri. 

Apalagi para mahasiswa yang melaksanakan KKN di Barsel, adalah mahasiswa dengan latar belakang berbagai disiplin ilmu. 

“Minimal pola pikirnya  paraprangkatdesa mampu berpikir lebih holistik, bukan hanya monoton tradisional. Aspek politisnya, budayanya, ekonominya bisa lebih meningkat, dan ini sangat perlu. Olehsebab itu Kita harapkan kalau bisa KKN ini bisa dilaksanakan tiap tahun,” harap dia.

Ia menambahkan, KKN yang telah dilaksanakan selama 45 hari tersebut, menempatkan 150 mahasiswa dari IAIN Palangka Raya, IAIN Palopo, Sulawesi Selatan, IAIN Jember, Jawa Timur dan STAIN Bengkalis, Provinsi Riau, di 15 Desa di dua kecamatan, yakni Kecamatan Dusun Selatan dan Gunung Bintang Awai. (URIUTU DJAPER/B-2)

Berita Terbaru