Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesisir Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Kapuas ini Ajak Generasi Muda Tingkatkan Nasionalisme

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 25 Agustus 2019 - 14:26 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Darwandie mengajak generasi muda, khususnya di Bumi Tingang Menteng Panunjung Tarung, terus meningkatkan rasa nasionalisme. Salah satunya melalui kesenian.

Menurut politisi yang juga menjabat sebagai ketua Dewan Kesenian Daerah atau DKD Kabupaten Kapuas ini, kesenian yang ditampilkan generasi muda dapat bertemakan patriotisme, sehingga bisa meningkatkan rasa nasionalisme penikmatnya.

"Misalnya seperti kegiatan tadi malam yang DKD Kapuas gelar itu berupa konser kebangsaan yang dilakukan oleh generasi muda. Dengan kegiatan itu kami harapkan dapat mengajak generasi muda Kapuas semakin meningkat rada nasionalismenya," ujar Darwandie, Minggu, 25 Agustus 2019.

"Karena itu kami mengajak dengan bertujuan untuk memupuk rasa nasionalisme generasi muda melalui seni,” lanjutnya.

Menurut politisi dari PPP ini rasa nasionalisme penting ditingkatkan, karena kemerdekaan bangsa ini tidak didapat secara gratis melainkan dengan sebuah pengorbanan yang mahal.

“Tentu sebagai generasi muda harus mensyukuri kemerdekaan ini dengan kegiatan yang positif dengan tidak terlibat dengan pergaulan bebas, narkoba, miras dan tindakan negatif lainnya," kata Darwandie.

Selain itu, dia menyampaikan pihaknya selaku DKD Kapuas merencanakan pada bulan Oktober dan November 2019 akan dilaksanakan konser kebangsaan bertajuk cakrawala kebhinekaan.

“Nantinya kita akan melibatkan paguyuban lintas etnik yang ada di Kabupaten Kapuas dan ditampilkan dalam bentuk dalam musikalisasi, tari, teater dan puisi, serta karya seni lainnya,” tukasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru