Buaya 2,5 Meter Tersangkut Jaring Ikan Nelayan di Sampit

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 25 Agustus 2019 - 20:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Seekor buaya dengan panjang sekitar 2,5 meter tersangkut di jaring ikan nelayan yang dipasang di sekitar tepian Sungai Mentaya, Desa Sei Ijum, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kabupaten Kotawaringin Timur.

"Buaya ini tersangkut di jaring ikan milik nelayan. Beruntung sempat diselamatkan oleh warga," ujar Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Minggu, 25 Agustus 2019.

Saat ini pihak BKSDA sudah melakukan evakuasi terhadap buaya tersebut dan langsung membawanya ke Kantor BKSDA SKW II Pangkalan Bun untuk dilepasliarkan.

Hewan dilindungi tersebut berjenis kelamin betina dan tersangkut di jaring pada Sabtu 24 Agustus 2019.

Buaya tersebut diketahui terperangkap oleh nelayan yang memasang jaring ikan di sungai. Setelah pagi hari mereka bermaksud mengambil ikan yang sudah tertangkap.

Namun saat diangkat, mereka kaget karena mendapati buaya yang masuk dalam perangkap, sehingga mereka langsung mengamankannya dan melaporkan penemuan buaya tersebut kepada anggota Koramil.

Setelah itu 2 anggota Koramil menuju ke desa dan membawa buaya ke rumahnya. Sebelum akhirnya di evakuasi oleh BKSDA pada Minggu sore, 25 Agustus 2019.

"Tidak ada luka, buay tersebut murni terperangkap. Kemungkinan besar karena ingin memakan ikan yang ada disekitar perangkap ikan tersebut," terangnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru