104.000 Liter Air Disiramkan untuk Water Bombing Karhutla di Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 26 Agustus 2019 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemadaman dengan helikopter water bombing dilakukan pada kebakaran hutan dan lahan yang sulit dijangkau via jalur darat. Seperti yang dilakukan di Desa Sei Ahas, Kecamatan Mantangau, Kabupaten Kapuas.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga mengatakan, waterbombing dilakukan personel Satgas Karhutla Kalteng menggunakan satu unit helikopter dari BNPB. Helikopter menyiram karhutla pada titik koordinat 2°22'14.3"S 114°22'33.9"E.

"Tim waterbombing turun untuk mengatasi karhutla di Desa Sei Ahas, Kecamatan Mantangai. Waterbombing dilakukan sebanyak 26 kali, dengan menghabiskan sekitar 104.000 liter air yang disiram di lokasi karhutla tersebut," kata Panahatan Sinaga, Senin, 26 Agustus 2019.

Dia menuturkan untuk kondisi api setelah dilakukannya waterbombing masih belum padam sepenuhnya. Tetapi api sudah mulai berkurang.

"Untuk jumlah luasan yang terbakar itu ada sekitar 30 hektare," tuturnya.

Dia kembali menegaskan, pihaknya masih tetap siaga karhutla, dan telah mengaktifkan posko satgas gabungan siaga karhutla. Sehingga, bisa mengendalikam karhutla secara bersama-sama. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru