Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Serdang Bedagai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Baru 41 Desa di Kotawaringin Timur Miliki BUMDes Aktif

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 26 Agustus 2019 - 13:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dari 168 desa yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur baru 41 desa yang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) aktif, sedangkan yang lainnya ada yang masih mencari usaha dan ada juga yang belum dibentuk. 

"Saat ini baru 41 desa saja yang memiliki BUMDes aktif. Mereka menjalani berbagai bidang usaha," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kotim, Hawianan, Senin, 26 Agustus 2019. 

Dia menjelaskan, di Kotim sendiri ada 144  dari 168 desa yang sudah membentuk BUMDes. Namun yang aktif baru 41 desa saja.

Hal itu terjadi akibat banyaknya kendala. Mulai ketidakpahaman pemerintah desa dalam mengelola BUMDes, hingga tidak adanya ide untuk menjalankan usaha. 

"Itu hanya dua faktor saja, namun masih banyak lagi faktor lainnya yang menyebabkan BUMDes tidak jalan di sejumlah desa tersebut," katanya. 

BUMDes merupakan wadah untuk mengembangkan perekonomian masyarakat. Yang hasilnya bisa meningkatkan kesejahteraan warga dan juga menambah pendapatan untuk desa.

Sehingga sangat disayangkan jika BUMDes tidak jalan, karena desa hanya berharap dana dari pemerintah saja. 

"Saya harap semua kepala desa di daerah inibagar mengalokasikan anggaran dana desa untuk pengembangan BUMDes. Sehingga nanatinya berdampak dengan pemasukan desa itu sendiri," harapnya. 

Pihaknya saat ini juga telah membentuk Tim Klinik BUMDes. Yang menjadi wadah bagi pemerintah desa dan masyarakat untuk berkonsultasi demi kepentingan BUMDes. Sehingga nantinya BUMDes di daerah ini bisa terus maju dan desa semakin mandiri. (MUHAMMAD HAMIM/B-6) 

Berita Terbaru