Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rejang Lebong Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemilihan Kepala Desa Serentak di Kotawaringin Timur Ditarget pada Maret 2020

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 26 Agustus 2019 - 14:42 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemilihan kepala desa (pilkades) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) ditargetkan berlangsung pada Maret 2020. Hal itu sesuai dengan peraturan daerah (perda) yang telah dibuat. 

"Dalam perda tertuang pemilihan kepala desa dari tahap 1 hingga tahap 3 harus selesai sejak 2016 hingga 2020. Sehingga pelaksanaaanya akan segera dimulai pada 2019 ini," ujar Kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kotim Hawianan, Senin, 26 Agustus 2019.

Untuk tahapan pilkades tahun ini dijadwalkan berlangsung pada Oktober. Dimulai dari persiapan dan penjaringan para calon kepala desa. Sehingga pada Januari dan Februari 2020 semua tahapan sudah selesai. 

"Dipercepatnya pelaksanaan pilkades karena pada 2020 juga masuk tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) Kotim dan Provinsi Kalimantan Tengah," kata Hawianan. 

Anggaran untuk pelaksanaan pilkades sudah dibahas pada APBD perubahan, beberapa waktu lalu. Diharapan dana yang disiapkan cukup untuk melaksanakan pesta demokrasi itu hingga penetapan calon terpilih.

"Dana yang diberikan kepada kami kurang lebih Rp 1 miliar. Mudah-mudahan tidak ada kendala lagi nantinya hingga penetapan kepala desa terpilih," harap Hawianan. (MUHAMMAD HAMIM/B-3)

Berita Terbaru