Gubernur Kalteng Ingatkan Pramuka Wadah Membentuk Karakter  

  • Oleh Budi Yulianto
  • 26 Agustus 2019 - 15:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengingatkan pramuka sebagai wajah untuk membentuk karakter anak.

Ia pun mengapresiasi segala bentuk kegiatan positif yang dilakukan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Tengah. 

 “Pramuka sebagai wadah kita untuk membentuk karakter, keberanian, dan kedisiplinan,” kata Sugianto Sabran seusai memimpin Upacara Peringatan Hari Pramuka yang ke-58, sekaligus pembukaan Perkemahan Wirakarya Daerah Kalteng di Bumi Perkemahan Palangka Kambariat Tuah Pahoe, Jalan Surung, Kelurahan Sabaru, Kecamatan Sabangau, Kota Palangka Raya, Senin, 26 Agustus 2019.

Menurut Gubernur, dengan gerakan pramuka, jiwa sosial dan gotong-royong akan terbentuk. Termasuk dapat membentuk kepribadian yang jujur.

“Ini sangat penting untuk anak-anak. Oleh sebab itu, kita mengajak berpikir kreatif dan inovatif,” imbuhnya.

Gubernur mengingat waktu dirinya kelas 8 SD, kala ikut dalam pramuka, perjuangan dulu berbeda dengan era sekarang. Salah satunya dari sisi tenda saat kemah. Jika dulu, menggunakan terpal tapi sekarang tendanya sudah nampak apik.

Gubernur juga meminta Kwarda maupun Kwarcab Pramuka se-Kalteng kembali menghidupkan pramuka dimulai dari tingkat SD dan seterusnya. “Supaya ada karakter. Setelah keluar dari SMA, mereka sudah berkarakter, menjadi orang yang tangguh, jujur, dan setia,” tutur Gubernur.

Di sisi lain, ia juga menyampaikan bahwa beberapa waktu lalu, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Badan Narkotika Nasional telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba.

 “Saya berharap kerja sama tersebut ditindaklanjuti oleh jajaran Gerakan Pramuka di Kalteng, baik kwartir daerah, cabang, ranting, maupun gugus depan. Karena bahaya narkoba ini sudah menghantui anak-anak dan remaja kita,” tuntasnya. (BUDI YULIANTO/ADV/B-3)

Berita Terbaru