Sekretaris Kwarcab Pramuka Kapuas Dorong Gugus Depan Maksimalkan Kegiatan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 26 Agustus 2019 - 16:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sekretaris Kwartir Cabang atau Kwarcab Pramuka Kabupaten Kapuas Suwarno Muriyat, bertekad memaksimalkan gugus depan yang berpangkalan di sekolah atau madrasah untuk melaksanakan kegiatan kepramukaan.

Menurut Suwarno yang juga menjabat Plt Kepala Dinas Pendidikan Kapuas, dalam kurikulum 2013 telah memasukkan pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler bagi seluruh peserta didik. 

Kolaborasi antara pelaksanaan kurikulum dan Pencapaian Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK) juga Syarat Pramuka Garuda (SPG).

"Ketiganya itu bertujuan agar peserta didik selaku anggota pramuka memiliki kecakapan hidup (life skill) dan kecakapan kepramukaan (scouting skill) serta berbudi pekerti luhur. Sehingga penting gudep itu berpangkal di sekolah atau madrasah," ucap Suwarno, Senin, 26 Agustus 2019.

“Para guru selaku pembina pramuka di sekolah/madrasah akan terus kami tingkatkan kualitas dan kuantitasnya melalui bimbingan teknis dan orientasi," lanjutnya.

Adapun pendidikan penjenjangan yang telah ada pada Gerakan Pramuka berupa Kursus Mahir Dasar dan Lanjutan maupun Kursus Pelatih Dasar dan Lanjutan juga akan pihaknya lakukan pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Pusdiklatcab) Kapuas maupun ke Pusdiklatda Kalimantan Tengah maupun Pusdiklatnas Jakarta.

"Ini untuk meningkatkan kegiatan kepramukaan di Kabupaten Kapuas ke depannya, sehingga diharapkan bisa meningkatkan kualitas SDM yang ada," harapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru