Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yahukimo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Titik Api di Kotim Tidak Terpantau, Tim Satgas Karhutla Bersihkan Alat Pemadam

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 26 Agustus 2019 - 17:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Titik api atau hot spot di Kotawaringin Timur pada Senin, 26 Agustus 2019, sejak pukul 07.00 WIB hingga 15.00 WIB tidak terpantau. Kondisi ini membuat tim satuan tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) membersihkan armada dan peralatan pemadam kebakaran.

"Hari ini kami melakukan pembersihan armada seperti mobil Damkar, motor, dan sejumlah peralatan pemadaman lainnya. Karena pada hari ini tidak terjadi Karhutla di Kotim, terutama di wilayah Sampit," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim Yephi Hartadi.

Pembersihan aramda pemadam kebakaran tersebut dilakukan sebagai upaya untuk perawatan. Karena sudah hampir dua bulan terakhir sering digunakan untuk melakukan pemadaman Karhutla. Sehingga kotor dan harus dibersihkan.

"Ini adalah perawatan yang kami lakukan, agar peralatan pemadam kebakaran ini tetap awat," terang Yephi.

Sementara, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bandara H Asan Sampit Nur Setiawan mengatakan, pantauan dari satelit, tidak ada titik hostpot pada hari. Dan potensi hujan hampir menyeluruh terjadi di daerah ini.

"Titik hostpot tidak terpantau hari ini, sedangkan potensi terjadinya hujan hampir setiap kecamatan yang ada di Kotim ini," terang Setiawan. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)  

Berita Terbaru