Warga Katingan Ramai-ramai Jual Bajakah 

  • Oleh Abdul Gofur
  • 26 Agustus 2019 - 19:46 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejumlah warga di Kabupaten Katingan sejak beberapa hari terakhir mulai ramai mencari untuk kemudian menjajakan akar bajakah.

Selain untuk dimiliki sebagai cadangan obat, akar bajakah juga diperjualbelikan. Bahkan di Kota Kasongan sejak beberapa hari terakhir ini ada beberapa warga yang menjual akar bajakah itu.

Selain dijajakan dengan menumpuk akar bajakah di tepi jalan, penjual bajakah di Kasongan juga ada yang menggunakan kendaraan roda empat, seperti depan SPBU Jalan Tjilik Riwut Km 2 Kasongan.

Sebagian lainnya menjajakan akar bajakah dengan menggunakan kendaraan roda dua, seperti yang terlihat pada Senin, 26 Agustus 2019 hari ini di Jalan Soekarno-Hatta Kasongan.

Akar bajakah yang dijual warga bervariasi, tergantung ukuran besar kecilnya serta panjangnya.

Selain dijual di seputaran Kasongan dan sekitarnya, ternyata akar bajakah yang diambil dari hutan di wilayah Katingan ini juga dijual hingga ke Palangka Raya dan juga daerah lainnya.

"Kalau di Kasongan dan sekitarnya akar bajakah kita jual Rp 50 ribu sampai Rp 70 ribu per batangnya ukuran sebesar lengan orang dewasa dan panjang satu meter," kata Yayan salah seorang penjual akar bajakah di Kasongan.

Yayan mengaku menjual akar bajakah baru beberapa hari ini. Bahkan ia mengaku sempat beberapa kali menjual akar bajakah ini ke Palangka Raya. "Kemarin saya jual di Palangka Raya satu batang yang besar panjang satu meter Rp 100 ribu," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru