6 Kepala Keluarga Jadi Korban Musibah Kebakaran di Kompleks Pasar Keramat Sampit

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 27 Agustus 2019 - 08:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kebakaran yang melanda permukiman di Jalan Usman Harun 4, Kompleks Pasar Keramat, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) meludeskan 5 rumah warga dan sebuah dapur.

"Ada 5 rumah dan 1 dapur warga yang terbakar," kata Sekretaris Kecamatan Baamang, Sufiansyah, Selasa, 27 Agustus 2019. 

Belum diketahui persis data warga yang menjadi korban kebakaran tersebut. Namun ada 6 kepala keluarga yang menjadi korban. Kebakaran masuk kawasan RT 05 dan 06.

"Rumah yang terbakar merupakan kediaman warga, ada juga yang tempat usaha jual air munum," kata Sufiansyah. 

Sufiansyah menegaskan belum mengetahui penyebab pasti kebakaran tersebut. Karena banyak warga yang melihat kebakaran tersebut tiba-tiba sudah membesar. Apalagi kejadian tersebut pada pukul 03.00 WIB, dan rata-rata saat itu masyarakat masih tertidur lelap. 

Kebakaran tersebut pertama kali diketahui oleh sejumlah pemuda yang sedang nongkrong. Setelah melihat adanya kepulan api dari tempat kejadian, mereka langsung berteriak membangunkan warga sekitar dan berupaya melakukan pemadaman. 

Pemadaman yang dilakukan dengan menggunakan peralatan seadanya. Hal itu sebagai upaya agar api tidak menjalar ke rumah lainnya. Karena lokasi tersebut merupakan padat penduduk. Apalagi pernah mengalami kebakaran besar hingga menghanguskan puluhan rumah pada 2012 lalu. 

Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 04.00 WIB, setelah petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan serta pemadam kebakaran swadaya berjibaku di lokasi itu. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru