Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Purbalingga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ada 15 Cabang Lomba Dalam Festival Budaya Marunting Batu Aji

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 27 Agustus 2019 - 12:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat menggelar Festival Budaya Marunting Batu Aji (FBMBA) dengan memperlombakan 15 jenis cabang lomba.

Ketua panitia yang juga merupakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kotawaringin Barat, Rosihan Pribadi mengatakan festival budaya ini merupakan kegiatan rutin tahunan dengan tujuan melestarikan olahraga dan seni tradisional.

"Melesatarikan berbagai potensi seni budaya, kearifan lokal dan kreativitas," ujarnya, Selasa, 27 Agustus 2019.

Dia menambhakan kegiatan FBMBA juga sebagai wadah seniman untuk dapat menampilkan kreativitas dibidang seni dan budaya sehingga dapat memotivasi untuk terus berkreasi dan berprestasi.

"Jadi juara - juara yang ada ini nantinya akan dikirim mewakili Kobar pada Festival Budaya Isen Mulang," ungkapnya.

Festival Budaya Marunting Batu Aji dilaksanakan selama 7 hari dimuali sejak 26 Agustus sampai 1 September 2019 di Pangkalan Bun Park.

Adapun cabang yang dilombakan ialah bagasing, balogo, menyumpit, sepak sawut, tari tirik, karungut, saloka, lomba masak tradisional atau mangenta, lomba memasak lamang, lomba kreasi tari pesisir, lomba kreasi tari pedalaman, lomba lukis ornamen, lomba lukis legenda, lomba mandare atau menganyam amak purun, lomba vokal pop daerah. Adapun pesertannya ialah dari pelajar dan seluruh masyarakat. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru