Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Administrasi Pertanahan yang Baik Hindari Munculnya Konflik

  • Oleh Magang 1
  • 27 Agustus 2019 - 13:52 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun – Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong mengatakan administrasi pertanahan yang baik akan berbanding lurus dengan penurunan potensi munculnya konflik atau sengketa lahan/tanah.

Hal itu disampaikan Jaya dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia LP Umbing saat membuka Rapat Teknis Pendaftaran Tanah, di GPU Damang Batu, Selasa, 27 Agustus 2019.

Ia menyampaikan, kecenderungan meningkatnya sengketa tanah antara lain diakibatkan oleh lemahnya data administrasi pertanahan berupa ketidakjelasan atas hak atau riwayat lahan yang menjadi sengketa.

“Sehingga seringkali tumpang tindih kepemilikan secara administrasi dan penguasaan tanah atau lahan di lapangan,” ujarnya.

Konflik sengketa lahan dapat dihindari apabila ada pemahaman aparatur pemerintah dan warga mengenai hukum agraria.

Tentunya itu harus disertai tata kelola sistem administrasi dan manajemen pertanahan yang mumpuni, yang meliputi kegiatan inventarisasi dan pencatatan.

“Tuntutan untuk melakukan upaya peningkatan pemahaman tentang hukum pertanahan atau agrarian serta tata kelola yang baik sangat diperlukan, khususnya di kalangan aparatur pemerintah,” ucapnya. (MAGANG 1/B-6)

Berita Terbaru