Cuaca Mendung Masih Selimuti Kota Kasongan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 27 Agustus 2019 - 14:36 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Setelah diguyur hujan hingga dua jam lamanya, kini kota Kasongan Kabupaten Katingan masih diselumuti mendung. Dibeberapa tempat bahkan terjadi hujan rintik.

Hujan lebat mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Katingan sejak pagi pukul 06.40 WIB termasuk di Kasongan.

Hujan lebat berhenti setelah dua jam. Namun setelah itu cuaca mendung disertai gerimis. Akibat mata hari hingga tengah hari ini tidak mucul, menyebabkan aktifitas warga terganggu, seperti sejumlah ibu rumah tangga di Kasongan.

Pasalnya, pakaian yang mereka jemur tidak kering. "Sudah dijemur setelah hujan tadi, tapi sampai sekarang belum kering meski sebelumnya sudah diperas pakai mesin cuci," keluh Yanti, seorang ibu rumah tangga warga Kelurahan Kasongan Lama, Selasa, 27 Agustus 2019.

Sementara itu hujan lebat hari ini juga disebut membantu proses pemadaman kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Katingan.

Bahkan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan mengaku sejak tiga hari ini di daerahnya sudah tidak ditemukan lagi titik api.

"Namun kami tetap mewaspadai jika ke depan cuaca kembali panas, bisa saja titik api kembali mucul," kata Plt Kepala BPBD Kabupaten Katingan, Akhmad Rubama.

Saat ini kata Akhmad Rubama, tim gabungan masih siap siaga di kantor BPBD Kabupaten Katingan jalan arah Desa Tumbang Liting Kecamatan Katingan Hilir.

Tim gabungan yang disiagakan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan ini terdiri dari TNI/Polri, Satpol PP, BPBD dan realawan atau masyarakat peduli api. (ABDUL GOFUR/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru