Masyarakat Sukamara Diimbau Kurangi Aktivitas di Luar Rumah Saat Kabut Asap

  • Oleh Norhasanah
  • 27 Agustus 2019 - 14:56 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten Sukamara mengeluarkan imbauan tentang kabuat asap. Masyarakat diminta untuk mengurangi aktivktas di luar rumah bila kabut asap sedang tebal.

"Dalam upaya mengantisipasi hal-hal yang dapat  memengaruhi status kesehatan yang disebabkan debu dan kabut asap, seluruh warga saya imbau untuk memperhatikan beberapa hal," kata Wakil Bupati Sukamara Ahmadi, Selasa, 27 Agustus 2019.

Masyarakat diingatkan untuk mengurangi beraktivitas di luar rumah, terutama bagi kelompok rentan seperti bayi, balita, ibu hamil, dan lansia.

"Setiap keluar rumah upayakan menggunakan masker, perbanyak minum air putih, dan perbanyak konsumsi buah serta sayur-sayuran," ujar Ahmadi.

Warga juga diminta untuk menutup sumber-sumber air yang digunakan dalam keperluan rumah tangga seperti sumur, bak penampungan, dan lain-lainnya, agar tidak tercemar debu dan asap.

"Terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, makan-makanan yang bergizi, dan istirahat yang cukup. Apabila ada gangguan kesehatan segera berobat ke fasilitas kesehatan," tuturnya.

Wakil Bupati menuturkan, dampak dari asap sangat tidak baik bagi kesehatan. Mengingat dari kabut asap dapat menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya sesak napas. (NORHASANAH/B-3)

Berita Terbaru