Pemindahan Ibu Kota akan Berdampak terhadap Provinsi Lain di Kalimantan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 27 Agustus 2019 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Presiden Joko Widodo secara resmi mengumumkan rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur. Meskipun begitu, pemindahan tersebut dinilai juga akan berdampak terhadap provinsi lain di Kalimantan.

"Memang sudah ditetapkan di Provinsi Kaltim, namun sudah barang tentu akan berdampak juga terhadap provinsi lain di Kalimantan," ujar Wakil Bupati Kotim Taufiq Mukri, Selasa, 27 Agustus 2019. 

Hal tersebut harus menjadi perhatian bagi masyarakat di Kotawaringin Timur. Karena juga harus menyiapkan diri untuk bisa mendukung bahkan terlibat dalam membangun ibu kota baru. 

Apalagi jika hal tersebut sudah berjalan, maka akan semakin banyak masyarakat dari luar pulau datang ke daerah ini. Baik investor maupun para pencari kerja. 

"Memang ada hal positif dan negatifnya. Namun masyarakat kita sudah harus mempersiapkan diri dari segala macam hal," kata Taufiq. 

Ia juga meminta kepada pemuda daerah ini selalu memiliki ide yang berkembang. Sehingga bisa menangkap peluang kerja dan usaha yang muncul, tidak kalah bersaing dengan pengusaha dan pencari kerja dari luar daerah. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru